Ekonomi Pembangunan Unpad, Kaya Gimana Sih?



Helooo sesuai janji aku di postingan sebelumnya, aku bakal ceritain tentang jurusan aku. Aku kuliah di Universitas Padjajaran jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2015. Tapi mulai 2015, nama jurusannya ganti jadi Ilmu Ekonomi. Sebenernya sama aja sih Ilmu Ekonomi sama Ekonomi Pembangunan, beda nama aja. Btw, foto di atas tulisannya ESP, itu singkatan dari Ekonomi Studi Pembangunan. Foto di atas adalah foto jaket himpunan jurusan ini, dengan jargon warna kita yaitu merah maroon.

Di angkatan aku, ada 120 orang yang diterima yaitu 70 orang dari jalur SNMPTN dan 50 orang dari jalur SBMPTN. Ga ada jalur mandiri di Unpad. Kebetulan aku lolos lewat jalur SBMPTN atau jalur tulis. Sampai angkatan 2015, kampusnya ada di Dipati Ukur Bandung, sementara mulai angkatan 2016 dan selanjutnya kampus ada di Jatinangor. Jadi untuk kalian yang bakal masuk FEB Unpad tahun 2017 ini, kalian kampusnya bakal di Jatinangor ya. Keadaan ini jadinya menyulitkan temen-temen aku yang ngulang mata kuliah, mereka jadinya harus ke Jatinangor ngejar kelas di sana. Fyi, di Unpad ga ada semester pendek. Jadi kalau kamu dapet nilai D atau E, ya harus ngulang tahun depannya. 

Banyak orang yang salah persepsi tentang jurusan ini. Mereka mikirnya kalau kuliah fakultas ekonomi ya kalau ga Manajemen pasti Akuntansi. Salah. Jurusan aku ini adalah Ilmu Ekonomi murni yang topik-topiknya mendalami inflasi, nilai tukar mata uang, statistik, pengangguran, economic development, moneter, fiskal, kebijakan ekonomi suatu negara dan lain-lain. Kita emang belajar Manajemen dan Akuntansi, tapi cuma satu semester dan cuma pengantarnya doang,

Salah persepsi yang kedua adalah banyak temen aku yang masuk jurusan ini karena ingin menghindari matematika. Lol. Padahal, jurusan ini tuh kaya jurusan tekniknya ekonomi! Banyak banget matematikanya, dan akan terus dapet matematika sampai lulus. Mata kuliah horror di sini adalah Mikroekonomi I, dimana untuk ngerjain satu soal aja bisa ngabisin satu halaman folio lebih full matematika dan grafik. Bukannya nakut-nakutin, tapi aku ga mau ada orang yang ngerasa kejebak, terus akhirnya pas semester 2 dia keluar atau SBMPTN lagi. Itu sama aja kaya ngebuang kesempatan orang lain yang sebenernya pingin masuk juruan ini tapi dibuang sia-sia sama yang udah masuk terus keluar lagi. Fyi, ada at least lima orang temen aku yang mengundurkan diri dari jurusan ini. 

Untuk yang udah masuk, aku saranin kalian harus konsen banget sama mata kuliah PIE (Pengantar Ilmu Ekonomi) Mikro, PIE Makro dan Mikroekonomi I. Kalau kalian dapet E di mata kuliah Mikroekonomi I, bakal sulit (atau bahkan mustahil) bagi kalian untuk bisa lulus tepat empat tahun karena Mikroekonomi I ini banyak jadi prasyarat untuk mata kuliah wajib lainnya, dan emang sih kerasa sama aku sendiri, kalau kalian paham mata kuliah ini pasti untuk memahami mata kuliah wajib lainnya akan lebih mudah. Btw, untuk dapet mata kuliah Mikro I ini kalian harus lulus PIE Mikro dulu yaa alias kalian harus dapet nilai minimal D. 

Sekarang aku mau nunjukkin mata daftar mata kuliah wajib dan pilihan di jurusan ini. Oh iya ini untuk angkatan 2015 ya, karena aku denger untuk angkatan 2016 ke atas ada perubahan kurikulum gitu.


Ini daftar mata kuliah wajib (artinya harus diambil walaupun gak suka)

Dan ini adalah daftar mata kuliah pilihan, artinya kamu boleh ambil boleh enggak. Mata kuliah pilihan ini kalau ga salah harus ambil minimal 24 sks.

Itu yang daftar matkul pilihan ada yang kepotong yang baris terakhir yaitu Topik Khusuh Ekonomi Industri, 3 sks. 

Hmm aku rasa cukup sekian yaa nyeritain jurusanku ini, dan menurut aku jurusan ini walaupun susah di awal tapi sangat menarik kok. Wawasan kamu tentang ekonomi akan jadi super luas dan kalau ada berita ekonomi di TV, kamu bisa ngerti dan bisa mnganalisa kenapa suatu berita ekonomi itu bisa kejadian, contohnya waktu kenaikan harga daging sapi pas Ramadhan, kenapa itu bisa terjadi dan lain-lain. Seru banget dan..... menantang, hehe. 

sumber gambar daftar mata kuliah: CD yang dibagiin Unpad waktu openhouse
sumber gambarlogo ESP : OA Line Hima ESP Unpad

Komentar

  1. Mantap kak..makasih ka

    BalasHapus
  2. Makasih kak informasinya, aku jadi ada pencerahan

    BalasHapus
  3. kak kalau matematika ekonomi apakah banyak keluar nantinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai maaf baru bales, di matematika ekonomi sebenernya banyak yg dipelajari kaya turunan, integral sampai matriks. Tapi, kalau di jurusan ini yang paling banyak keluar itu integral, turunan sama statistik. Kalau udah menguasai turunan dan integral wah itu Insya Allah sih bakal lancar kuliahnya ga akan terlalu 'menderita' hehe. ( Untuk statistik dia mata pelajaran tersendiri ya ga masuk ke matematika ekonomi)

      Hapus
  4. Kak jurusan ipa ambil ekonomi pembangunan lewat jalur snmptn bisa gak? Soalnya dari kelas 10 ada mapel ekonomi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas, kurang tau yaa kalau jaman skrg bisa apa engganya, kalau jamanku dulu untuk masuk ekonomi pembangunan unpad lebih disarankannya untuk jurusan ips. Coba konsultasikan lagi dengan pihak sekolahmu yaaaaa.

      Hapus
  5. Mau tanya dong kak lulusan ekonomi pembangunan prospek kerjanya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas ya, macam-macam, tapi biasanya pas udah lulus kita prospeknya lebih ke lembaga pemerintahan yang memang bertugas dalam hal perekonomian seperti bank indonesia, bappenas, kemenkeu, bank komersil, tapi ada banyak juga kok temen-temenku yang kerja di perusahaan swasta dan konsultan bisnis juga ada.

      Hapus
  6. Kak mau tanya dong, aku kebetulan masih kelas 11 smk jurusan administrasi perkantoran, tertarik banget untuk kuliah jurusan ekonomi di UNPAD, walaupun aku masih kelas 11, sekarang aku lagi cari referensi untuk kuliah nanti ka, jadi ada persiapan yang matang juga, kira kira dari jurusan aku ini, cocok ga kak untuk masuk jurusan ekonomi pembangunan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo maaf ya baru balas, cocok kok sebenernya mau jurusannya apapun pas sma/smk, asal pas tes tulisnya scorenya mencukupi, bisa kok masuk ekonomi pembangunan unpad

      Hapus

Posting Komentar